Jumat, 01 Oktober 2021

JURNAL REFLEKSI AKSI NYATA MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN CALON GURU PENGGERAK

" Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia" Ki.Hajar Dewantara.

1. Perasaan Selama melakukan aksi nyata untuk menguatkan nilai dan peran guru penggerak.

Perasaan saya saat ini sangat merasa bersemangat sekali, mengapa? Karna ini merupakan tantangan sendiri buat saya. Dimana saya harus memahami Nilai-nilai yang harus saya sadari, miliki dan kembangkan serta bagaimana saya mengenali peran saya sebagai Calon Guru Penggerak yang harus mampu bergerak dan menggerakkan orang lain. Yang mampu berjalan sembari membuka jalan.
Nilai-nilai guru Penggerak yang saya mulai terapkan setelah pembelajaran modul ini ialah;
1. Nilai reflektif, aktif berpikir bagaimana melihat kemampuan dan potensi diri sehingga mampu membuat perubahan dan perbaikan secara berkelanjutan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
2. Nilai Mandiri, Senang belajar, mencari tahu banyak hal untuk mengembangkan diri, berinisiasi terhadap hal baru yang bermanfaat untuk kelas dan sekolah. Tidak terpaku apa yang bisa orang lain beri kepada saya tapi bagaimana saya bisa mandiri membuat diri saya lebih baik dan berkompeten.
3. Nilai Kolaboratif
Mampu menciptakan semangat kolaboratif, membangun komunikasi sehat dan aktif dengan rekan sejawat, menjadi pribadi yang disenangi sehingga mampu menggerakkan orang lain.
4. Nilai inovatif
Kreatif dan inovatif dalam menciptakan hal-hal yang baru yang mampu meningkatkan semangat belajar siswa.
5. Nilai keberpihakan pada siswa
Mampu menghadirkan pengajaran yang berpusat pada siswa, melayani siswa dengan sebaik-baiknya.

Peran-peran guru penggerak yang saya sadari ialah:
1. Menjadi pemimpin pembelajaran
2. Menggerakkan komunitas praktisi
3. Menjadi coach bagi guru lain
4. Mendorong kolaborasi antar guru
5. Mewujudkan Kepemimpinan murid.

Semua nilai dan peran guru penggerak adalah hal penting yang harus saya pahami dalam menguatkan aksi nyata di Modul 1.2 ini.


2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses selama mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ialah Ide untuk dapat menggerakkan diri sendiri dan orang lain

Menggerakkan diri sendiri dalam bentuk;
a. Belajar secara mandiri dalam menyelesaikan segala tugas di LMS, baik buat gambar dengan aplikasi, buat Vidio dll.
b. Menginisiasi segala kegiatan di kelas dan sekolah serta berinisiatif melakukan guna memperlancar suksesnya program pengembangan sekolah.

Menggerakkan orang lain dalam bentuk;
a. Memberi Pembinaan Sains untuk siswa-siswa yang mempunyai minat lebih dibidang SAINS
b. Melakukan Coaching pembuatan Vidio pembelajaran dan penguatan tugas guru.
c. Berdiskusi dan sharing dengan teman-teman guru lainnya guna menyampaikan ilmu yang saya dapatkan di program pendidikan guru penggerak setiap Sabtu.

3. Pembelajaran dan pengajaran dalam bentuk praktek baik
 Bentuk praktik baik dalam pembelajaran ialah:

1. Membiasakan anak-anak mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk kelas dan saat prose KBM.
2. Membiasakan budaya 6S, seperti masuk kelas membawa salam,  mengawali pembelajaran dengan berdoa, meminta izin kepada guru dengan sopan dan santun, belajar didalam kelas dengan santun, membiasakan bertanya dengan menggunakan kata "permisi Bu/pak saya ingin bertanya?". Dan mengawali pembelajaran dengan tersenyum.
3. Memunculkan nilai-nilai profil Pancasila dalam pengajaran di kelas seperti; nilai mandiri saat mengerjakan tugas, siswa mampu mengambil keputusan memilih pembelajaran dan pengajaran yang disediakan guru, nilai berimanan dan bertakwa seperti berdoa sebelum belajar, membaca ayat-ayat pendek, mengambil pembelajaran/pesan dari bahan bacaan ataupun proses KBM  yang akan dipelajari pada akhir sesi. Serta karakteristik lainnya kreatif, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan bergotong royong.


4. Foto bercerita
a. Pembinaan Anak-anak belajar SAINS
b. Menjadi Coach untuk guru lain

5. Testimoni dari rekan guru dan murid dalam aksi nyata saya.

Testimoni murid saat pembinaan SAINS
Daftar pertanyaan dalam testimoni.
1. Faisal Attaqum
a. Bagaimana perasaan Ical saat belajar SAINS bersama ibu Novi?
b. Apa manfaat yang Ical dapat DARI mengikuti pembinaan SAINS?
c. Apa harapan Ical kedepan untuk Ical diri Ical sendiri dan teman-teman Ical

2. Testimoni Rekan guru
Daftar pertanyaan dalam testimoni
1. Kurniawati
a. Mengapa mengikuti coach itu penting bagi anda?
b. Bagaimana perasaan anda saat di coaching oleh teman anda sendiri?
c. Apa harapan terbesar anda untuk karir anda dan teman yang mencoaching anda?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...