Minggu, 22 Agustus 2021

Refleksi Terbimbing Minggu 22 Agustus 2021

REFLEKSI PEMIKIRAN Ki.Hadjar Dewantara Sebagai pengetahuan dan Pengalaman baru dalam pembelajaran


Setelah belajar pemikiran Ki.Hadjar Dewantara saya menjadi mempunyai pengetahuan baru yang saya jadikan pegangan, sebuah pijakan untuk cerminan diri guna menjadi guru yang lebih baik lagi. Mulai belajar sedikit demi sedikit. 
Pengetahuan yang saya dapatkan ialah:
1. Bahwa pendidikan ialah bagaimana menuntun anak sesuai kodratnya sehingga selamat dan bahagia, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Menuntun, mengarahkan tanpa menuntut dan mengekang anak didik. Saya harus pandai menempatkan diri dan memperhatikan ucapan saya.
2. Pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia. 
Manusia mempunyai kodrat alam dan kodrat zamannya sendiri. Tugas guru ialah menjadi tauladan, motivator dan fasilitator. Ing Ngarso sung tulodo guru berada didepan menjadi pemimpin 
Ing madyo mangun Karso guru berada ditengah memberikan semangat, inspirasi dengan ide-ide barunya guna memajukan dunia pendidikan. Tut Wuri Handayani guru berada dibelakang memberi dorongan atau motivasi agar siswa didik lebih lebih semangat untuk belajar.
3. Pendidikan berpusat pada siswa
4. Pendidikan adalah bagaiman melayani siswa dengan sebaik-baiknya. (Menghamba pada siswa).

Pertama yang saya lakukan ialah 1.Refleksi diri.
Mulai merefleksikan diri saya dengan bertanya pada diri sendiri
1. "Apakah saya sudah benar menjadi seorang guru?"
2. Apakah saya sudah menempatkan hati dan pikiran saya seutuhnya untuk melayani dan memberikan yang terbaik untuk siswa?
3.  Apa saya sudah melakukan pengajaran yang berpusat pada siswa?
4. Apakah saya sudah menyeimbangkan antara Cipta Rasa dan karsa terhadap siswa.
5. Sudah adil kah saya pada murid-murid saya?

Saya bukanlah manusia yang sempurna tapi saya harus berusaha melakukan yang terbaik yang saya bisa.
2. Kemudian saya mencatat apa yang selama ini sudah saya lakukan dan yang belum saya lakukan. Sebagai napak tilas saya dalam melihat kelebihan dan kekurangan diri.
Setelah belajar selama 1 Minggu lebih saya menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang tidak saya lakukan dengan baik. Diantaranya;

1. Saya kurang sabar menghadapi siswa
2. Saya belum melihat mereka sebagai murid seutuhnya yang harus saya layani
3. Belum sepenuhnya memfasilitasi perbedaan karakteristik mereka sebagai suatu yang tidak sama.
4. Belum berusaha maksimal menemukan bakat dan potensi mereka serta mengasahnya hingga lebih dalam. 

Yang sudah saya lakukan
1. Menanamkan karakter seperti menghargai diri dan orang lain.
2. Menyadarkan mereka akan tanggung jawab sebagai siswa.
3. Membuat mereka bahagia saat belajar dengan saya.
4. Mengajar dan mendidik dengan sepenuh hati.

Hal yang harus saya lakukan setelah belajar tentang pemikiran Ki. Hadjar Dewantara ini  dan kemudian menerapkan dalam pembelajaran saya ialah:

1. Mengarahkan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
a. Merancang RPP yang berpusat pada siswa.
b. Membuat permainan yang berpusat pada siswa
c. Membuat mereka aktif dan kreatif

2. Tidak menuntut mereka tapi lebih ke menuntun.

3. Membuat mereka lebih kreatif dan inovatif.

4. Mengarahkan mereka pada profil pancasila dan nilai -nilai kultur Bima 1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan melakukan hal-hal yang tidak disadari oleh mereka. 

5. Membuat pengajaran yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...