Minggu, 22 Agustus 2021

Calon Guru Penggerak 12 Januari 2021

My Journey Menjadi Calon Guru Penggerak

  12 Januari 2021



Hei teman-teman seprofesi, seangkatan, dan  seperjuangan dalam mencerdaskan putra-putri bangsa. 
tak kenal maka tak sayang. perkenalkan saya Novi Puspitasari, S.Pd. Panggil saja Novi. 

Tulisan berikut bercerita tentang kisah perjalanan saya menjadi Calon Guru Penggerak. Episode kelima dari program kemendikbudristek yaitu MERDEKA BELAJAR. Angakatan 3 Kota Bima tahun 2021.
cerita ini akan saya bagi dalam bentuk cerpen, disimak ya ! 

A. Berawal dari rasa penasaran.

Saya dilema, saya gamang?
Mengapa ? 
Karna saya tidak tahu apa itu program Pendidikan Guru Penggerak?. 
Hatipun ikut mencubit menyindir saya " masa guru tidak tahu apa itu guru penggerak, jangan cuek gitu, Vi" kata hati saya.
Saya biasa berkomunikasi dengan hati karna bagi saya itu lebih aman dan tanpa menimbulkan masalah.

Alhasil disiang hari bolong yang panas, selepas pulang sekolah saya mencoba mengorek informasi dari sang pujaan hati. siapa lagi kalau bukan Mas suami. 
" Pa"! Panggil ku.

tapi biasalah si Mas suami orangnya rada cuek sama istri karna asyik bermain gadget. 
" Pa, dengar ga sih ade panggil dari tadi"? tanya ku
" kenapa"? tanya nya tapi dengan pandangan tetap ke HP
" kalau papa cuek, lebih baik ade jadi HP saja, biar bisa dilihat terus" rajuk ku.
karna saking sebalnya akhirnya saya ngedumel sendiri.
 Dan kalau begini ceritanya lebih baik saya cari sendiri di internet lewat Mas Google yang selalu setia asal ada paket. 

Akhirnya terbukalah layar biru yang menampilkan 2 orang guru yang membahas tentang program guru penggerak. Tapi setelah menonton video tersebut saya makin bingung dan penasaran. Bingung karna masih banyak pertanyaan yang belum terjawab dan sekaligus penasaran bagaimana ending program ini kedepan. belum mulai saja sudah pikir ending. 

daripada bingung dan makin penasaran akhirnya saya mengulik lebih banyak lagi informasi bukan hanya lewat YouTube tapi juga lewat artikel- artikel tugas guru penggerak.

saat lagi sayik-asyiknya membaca tiba-tiba mas suami datang menghampiri.

" Kenapa dek" tanya suami ku selepas kalah main game. kenapa kutahu mas suami kalah main game karna saya sudah hafal betul ekspresinya".
" Ade sangat penasaran dengan program guru penggerak, papa tahu tidak program tersebut"? tanya ku.
" Tahulah, sudah berjalankan program guru penggerak, cuma ade kan lagi sibuk dengan sekolah modal saat itu" kata suami.
Betul juga sih, baru dua bulan selepas sekolah model, saya punya waktu luang untuk sekedar mencari informasi baru.
" Pa, kalau ade ikut program ini bagaimana, apa papa mendukung ade"? tanya ku
" masuk saja, papa akan selalu dukung selama ade mampu menjalaninya"
" tapi nanti papa harus bantuin ade ya, jangan main hp terus"

   Dari mas suami saya tahu bahwa program guru penggerak itu sudah ada beberapa bulan yang lalu dan baru berjalan tahap ke 2 sehingga wajar saja gaungnya belum cukup terdengar.

   Saya sadar beberapa minggu sebelumnya saya sangat Sibuk dengan rutinitas kegiatan sekolah model. Dan alhamdulillah kegiatan tersebut sudah berakhir pada akhir tahun 2020. Sehingga pas Januari saya minim aktifitas. Karena saya tipikal orang yang tidak bisa diam tanpa aktifitas apapun, maka saya mencoba mencari tahu, adakah hal baru yang bisa membuat karir dan kompetensi saya berkembang?.
Dan syukurlah saya menemukan sedikit informasi PGP tersebut.

   Setelah berdiskusi dengan suami, suamipun menyarankan agar saya membuka SIM PKB terutama fitur Guru Penggerak untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai program guru penggerak tersebut.

     Akhirnya saya pun membuka SIM PKB. Setelah saya baca dengan seksama, saya menemukan informasi tentang benar adanya program guru penggerak. Tapi sayangnya saat itu belum terbuka untuk pendaftaran angkatan selanjutnya. 

Maka mulai lah saya menunggu kapan waktu pendaftaran angkatan selanjutnya dimulai. Saya mulai rajin membuka SIM PKB karna saya takut ketinggalan waktu pendaftaran.

   Seiring waktu setelah mencari tahu lebih banyak, saya menjadi sangat tertarik dengan Program Guru Penggerak. Wow... Saya excited sekali. Mengapa?
Karena program ini merupakan program kelima dari program merdeka belajar Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Bapak Nadiem Anwar Makarim. Sebuah program andalan yang tidak main-main. 

   Program PGP adalah program yang dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan karir dan peningkatan kompetensi guru. Manfaat dari program ini yaitu; Lulusan dari program guru penggerak bagi PNS akan diprioritaskan untuk menjadi  calon pemimpin pendidikan di masa depan seperti pemimpin pembelajaran, pemimpin institusi dinas kependidikan, seperti Kepala Dinas, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Instruktur, dll.

B. Mulai Mendaftar

   Setelah 2 mingguan menunggu, akhirnya program PGP angkatan 3 dibuka. Saya pun mendaftarkan diri untuk mulai bergabung dalam program guru penggerak angkatan 3.

Bismillahirrahmanirrahim.
Innamal A'mallu Billniat
Sesungguhnya segala sesuatu tergantung niatnya.

Dalam melakukan pendaftaran ini ada beberapa hal yang harus diisi, file yang harus diunggah tapi sebelum bahan-bahan pendaftaran tersebut dikengkapi, kami diundang untuk mengikuti webinar awal pengenalan seputar program guru penggerak Kemendikbud.
Tepatnya tanggal 21 Januari 2021.

Webinar ini membahas seputar;
1. Apa itu guru penggerak?
Jawab: yaitu sebuah Program yang mengarahkan guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

2. Diproyeksikan untuk apa guru penggerak?
Jawab: Yaitu untu menjadi pemimpin pembelajaran, Kepala Sekolah, Pengawas, Tutor)
3. Berapa lama program ini akan dilalui oleh Calon guru penggerak?
Jawab: Yaitu selama 9 Bulan,  terdiri dari Refleksi diri, Lokakarya dan program pendampingan mandiri.
4. Apa manfaatnya buat guru tersebut?
Jawab: Yaitu kami sebagai guru akan menjadi giat belajar.

Alhamdulillah pertanyaan saya seputar guru penggerak terjawab di Webinar tersebut. Lalu setelah itu saya mulai melengkapi bahan-bahan saya.

C. Tahap seleksi awal.
 ( Pengisian Data, Menulis Essay, Mengupload Surat Rekomendasi/Dukungan sekolah).

Tahap seleksi awal  atau melengkapi berkas. Dimulai dari melengkapi berkas-berkas, seperti KTP dalam bentuk jpg. Mengunduh surat rekomendasi Kepala Sekolah dan Teman sejawat dan kemudian di-upload kembali, mengisi essai-essai yang panjangnya lebih kurang  500 s/d 5000 kata peressai. Yang semuanya saya isi diwaktu senggang mengajar.

Alhamdulillah semuanya terisi sempurna.
Setelah semua bahan di Upload. Kami harus menunggu lagi apakah bahan kami lolos atau tidak.

D.Tahap menunggu bahan "Lolos atau tidak"

Dengan harap-harap cemas saya menunggu semoga bahan saya lolos penyeleksian awal ini. Dan alhamdulillah penantian saya tidak mengecewakan. Saya dinyatakannya lolos tahap penyeleksian bahan.

Tahap-tahap penyeleksian PGP

A. Tahap 1 (Tes Bakat Skolastik)

Tes Bakat Skolastik (TBS) real testnya akan dilakukan tanggal 12 April 2021.

Sebelum mengikuti real test tersebut, kami peserta diundang terlebih dahulu untuk mengikuti Webinar Coaching Clinic TBS (Sabtu 9 April 2021 jam 10.00 s/d 11.30 WITA).

 Dalam kegiatan Coaching ini kami dijelaskan bagaimana cara memahami pengerjaan TBS dengan alokasi waktu yg telah disediakan, kiat-kiat bagaimana sikap menghadapi TBS sehingga saat Real test TBS bisa lebih rileks dan paham menjawab soal TBS.

TBS ini terdiri dari Tes Verbal 20 menit 30 soal, Tes Kuantitatif 40 Menit 20 soal dan Tes Penalaran 25 Menit sebanyak 21 Soal.Total Waktu pengerjaan 85 Menit sebanyak 71 soal.

Jadwal Tes TBS
Real Test nanti 12 April 2021 dibagi dalam 2 sesi yaitu:
SESI 1: Jam 08.00s/d11.00 untuk wilayah Kalimantan, Bali Nusra, Sulawesi,Maluku dan Papua.
SESI 2: Jam 14.00 s/d 16.00 untuk wilayah Sumut dan Jawa.

B. Tahap 2 ( Simulasi Mengajar dan Tes Wawancara)

Bagi yang lolos TBS maka akan mengikuti Simulasi mengajar dan Wawancara.
Dan Alhamdulillah saya lolos tahap 1 dan bisa mengikuti tahap selanjutnya yaitu Simulasi mengajar dan Tes Wawancara.

Sebenarnya guru Penggerak ini titik beratnya bukan kepada proses seleksinya tapi melainkan bagaimana proses berkelanjutan setelah lulusnya, yaitu mampu menjalankan tugas dan pendidikan sebagai calon guru penggerak  selama 9 bulan. Karnanya sebagai CGP kami harus mempersiapkan fisik dan mental karnanya perjalanan ini tidaklah mudah.  Calon Guru Penggerak harus tahan banting, tidak mengeluh, tidak mudah putus asa, dan setiap saat harus belajar

   1. Tes Simulasi mengajar

Webinar Coaching Clinic menuju seleksi tahap 2 Guru penggerak.
1. Simulasi mengajar
2. Tes wawancara
4.446 CGP angkatan 3 dari seluruh Indonesia akan mengikuti seleksi tahap 2. 
Ada 2 hal penting yang saya dapat hari ini saat ikut webinar.

Info penting untuk simulasi mengajar
1. Tools bukan hal yang utama,yang penting efisiensi mengajar.

Info penting untuk wawancara 
2. Perhatikan 8 kompetensi yang harus dimiliki. Less talk but given proven of we talk.

Sebelum simulasi mengajar, kami diminta untuk meng-upload RPP 10 menit yang memang dikhususkan untuk tes simulasi mengajar di fitur guru berbagi SIM PKB. Setelah di Upload kami mengkonfirmasi jadwal tes Simulasi mengajar. Saya sendiri mendapat jadwal hari Kamis 27 Mei 2021 Jam 13.30 s/d 14.00. Wita
Pada saat simulasi mengajar yang harus dipersiapkan adalah RPP 10 menit

   2. Tes Wawancara (Interview)

Jadwal Wawancara  saya jatuh pada tanggal 28 Juni 2021.

Alhamdulillah proses wawancara saya berlangsung lancar. Saya sangat bersemangat sekali karna saya sudah mempersiapkan diri saya. 

C. Tahap 3 Pengumuman Nama-nama CGP yang Lolos angkatan 3.

Alhamdulillah nama saya ada dalam CGP angkatan 3.

C. Mulailah Saya menjadi CGP

Pada tahap ini nama kami masih CGP (Calon Guru Penggerak) belum berubah nama menjadi Guru Penggerak. Nanti setelah kami selesai menyelesaikan pendidikan kami selama 9 bulan baru kami mendapatkan predikat Guru Penggerak. Perjalanan yang membutuhkan semangat dan kerja keras. Menjadi seorang guru penggerak sangatlah tidak mudah tapi bukan berarti tidak mampu dilalui dan dijalani.

D. Lokakarya Perdana 

Lokakarya perdana atau biasa disebut lokakarya Nol. Terjadi pada hari Sabtu 7 Agustus 2021 secara Daring melalui aplikasi Gmeet. Yang menjadi Koordinator Pelaksana Program Guru Penggerak ini ialah P4TK PKn IPS Jawa Timur yang bertempat di Kota Batu.

Sebuah tempat pusat pelatihan dan pengembangan potensi guru PKn IPS.
Yang dihadiri oleh Ketua P4TK PKn IPS. Bapak. Dr. Subandi M.M. P4TK PKn IPS ini mewadahi 3 bagian Provinsi PGP dari Wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Pada Lokakarya perdana ini pesertanya berasal dari:
1. Banyuwangi, untuk Jawa Timur dan Kabupaten Jember mulai, mulai dari Kepala Sekolah, Pengawas sekolah, CGP, semuanya berjumlah 511 orang.
2. Provinsi NTB, berasal dari Kota Bima dan Mataram baik pengawas,Kepala Sekolah,PP dan CGP berjumlah 180 orang.
3. Maluku Utara berasal dari Halmahera Barat, Halmahera Selatan dan Halmahera Timur serta Kabupaten Pulau Taliabu yang berjumlah 162 orang.

Tujuan Yang Ingin Dicapai Dalam Lokakarya Perdana ini ialah:
1. Calon Guru Penggerak mengenal ekosistem belajar di program pendidikan guru penggerak.
2. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dukungan yang diperlukan selama proses pendidikan guru penggerak dan membuat rencana belajarnya.
3. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang muncul saat program berlangsung.
4. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi fungsi dan peran fasilitator dan pengajar praktik.

E. Diklat Pengenalan LMS ( Learning Management System).

Sebuah alplikasi yang akan kami gunakan dalam mendownload modul pembelajaran, menerima tugas dari fasilitator lewat LMS, menerima respon Fasilitator, meng-upload tugas kami, melakukan Vicon bersama Fasilitator dan ruang Kolaborasi dan diskusi bersama teman-teman CGP lainnya. Dimana dalam prosesnya nanti, kami akan mengikuti alur merrdeka belajar.

1. Mulai dari diri
Disini kami diberikan tes awal sebelum masuk pada modul pertama. Soalnya ada 17 soal dengan waktu pengerjaan j jam. Saya mengerjakan ke 17 soal tersebut dalam waktu 32 menit. Soalnya seputar pemahaman awal tentang Konsep pemikiran Ki.Hadjar Dewantara.
 
2. Eksplorasi konsep
Pada ruang eksplorasi konsep ini kami diajarkan konsep pemikiran Ki.Hadjar Dewantara, pemikiran dan filosofi beliau tentang inti sari pendidikan, Asas Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Budi Pekerti. Dan kami diharuskan meng-upload pemikiran Ki.Hadjar Dewantara dalam bentuk Audio/ Vidio yang berdurasi 2 sampai 4 menit.

3. Ruang Kolaborasi
Ruang Kolaborasi ini kami melakukan Vicon dengan Fasilitaor dan teman-teman CGP lainnya untuk berdiskusi secara mandiri.

4. Refleksi terbimbing
5. Demonstrasi Kontekstual
6. Elaborasi Pemahaman
7. Korelasi antar materi
8. Aksi Nyata

Gambar LMS
F. Pembukaan Program Guru Pengerak oleh Bapak MENDIKBUDRISTEK RI Nadiem Anwar Makarim. 
Kamis 12 Agustus 2021


Bersama Bapak Dirjen Pendidikan Republik Indonesia. Bapak Dr.Iwan Syahril, Ph.D
 



Foto-foto Kegiatan Awal PGP

1. Foto Webinar Awal Pengenalan PGP dan cara mengupload Bahan PGP. ( 21 Januari 2021).
2. Foto Coaching Clinic TBS ( Tes Bakat Skolastik). ( 9 April 2021)

3. Foto Coaching Clinic Persiapan Simulasi Mengajar dan Wawancara.

4. Foto Tes Wawancara ( 28 Juni 2021)
Dan tes Simulasi mengajar (27 Mei 2021)

5. Foto Lokakarya Perdana (7 Agustus 2021).


6. Foto Pembukaan Program Pendidikan angkatan 3  Oleh Bapak Mentri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim.

Dan Bapak Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Dr. Iwan Syahril, Ph.D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...