Minggu, 22 Agustus 2021

JURNAL MINGGUAN 1 Sabtu 21 Agustus 2021

JURNAL MINGGUAN 1 Sabtu 21 Agustus 2021


Sabtu, 21 Agustus 2021, 11:21 PM.
Kami ditugaskan untuk menulis jurnal mingguan. Dan ini adalah Jurnal mingguan saya yang pertama.

Saya bangun jam 00.08 setelah kecapean Vicon jam 15.30 dan dilanjutkan belajar senam pelajar Indonesia dan akhirnya saya ketiduran.

Bangun jam 00.08 AM. saya dikagetkan dengan suara pemberitahuan di WA. Banyak sekali pesan masuk. Deadline penulisan Jurnal harian yaitu hari Sabtu jam 23.59, saya kaget waktunya mepet sekali, untungnya perbedaan waktu kami dengan Indonesia Barat beda 1 jam. Dengan tergesa-gesa saya bangun. Nyalakan laptop, Modem dan HP untuk melihat model jurnal yang akan saya pilih. Akhirnya saya memilih model jurnal 4F.
Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr.Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut(disesuaikan dengan yang sedang terjadi saat penulisan jurnal):

1.Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada Minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata kedalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambata atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada Minggu ini, apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?.
2. Feeling (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Ceritakan Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata kedalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut. 
3.Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?
4.Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakuka  dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa dimasa depan? Apa aksi / tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?

Dengan isian jurnal saya ialah:
1. Setelah saya mengikuti CGP ini saya sedikit banyak mengetahui tentang bapak Pendidikan Ki.Hadjar Dewantara, yang selama ini saya tahu beliau hanya sekedar bapak pendidikan saja. Kata-kata beliau" Menghamba pada siswa" menitik beratkan pada pengabdian kepada siswa tanpa batas. Bagaimana melayani siswa sebaik-baiknya sepenuh hati dalam dunia pendidikan. Sabar dalam menghadapi setiap karakter siswa. Ki Hadjar mengajarkan saya untuk lebih banyak bersabar menghadapi siswa. Walaupun selama ini saya sudah bersabar.
2. Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung, saya sangat bahagia. Saya yang biasanya serius mengajar. Sesekali saya mulai belajar bercanda agar anak bisa tersenyum dan tertawa. Ternyata sangat menyenangkan membuat anak-anak tertawa.
3. Pembelajaran yang saya dapatkan dari proses ini ialah saya harus belajar banyak bersabar dan belajar membuat murid saya bahagia dan senang dengan materi pelajaran dan gurunya. Sehingga mereka senang belajar.
4. Untuk penerapan kedepan saya akan lebih banyak belajar bagaimana menjadi guru yang luar biasa. Membuat murid saya menemukan banyak bakat dan potensinya masing-masing. Saya akan meningkatkan lagi kualitas pembelajaran saya dengan mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman.

Wish: Semoga untuk Jurnal mingguan kedua saya, bisa lebih baik lagi. Semoga jurnal ini bisa menjadi pengingat bagi saya bahwa masih banyak hal yang belum saya terapkan.
Yaitu:
1. Lebih sabar lagi
2. Bisa membuat murid bahagia dan tersenyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...