Sabtu, 02 Oktober 2021

JURNAL MINGGU KE 7

1. Peristiwa
Diruang elaborasi pemahaman bersama Instruktur ibu Purnama Sari Pelupessi, ada satu hal yang berkesan untuk saya, Saat  Bu Puri memperlihatkan gambar seorang anak kecil yang sedang melihat dari luar jendela kelas anak-anak lain yang sedang belajar didalam kelas. Bu Puri bertanya,"Apa yang akan ibu dan bapak lakukan jika melihat hal demikian?. Dalam hati, saya merasa sedih melihat hal itu. Macam-macam jawaban kita saat itu. Ada yang menjawab akan memanggil anak tersebut dan bertanya kenapa ia tidak sekolah. Berbicara dengan pihak sekolah untuk kelengkapan administrasi anak tersebut. Dari situ saya mencerna, bahwa sebuah visi seseorang dapat terlaksana dari seberapa yakinnya dia dengan kemampuannya sendiri. Dalam hati saya pun meyakini bahwa jika saya dalam posisi sebagai guru dalam gambar tersebut, saya merasa sangat mampu untuk membantu anak tersebut agar bersekolah. Disini saya menyimpulkan bahwa Visi yang saya buat akan terwujud nyata jika saya yakin saya mampu. Akhirnya saya memutuskan untuk merancang sudut literasi kelas. Yang selama ini saya selalu memikirkan kelemahan, seperti banyaknya murid sehingga menyebabkan banyaknya jumlah meja dan kursi siswa, hal ini tentu mengambil bangyak ruang dan menyebkan tidak terpikir ide lain.

B. Perasaan
Perasaan saat melihat gambar tersebut hati saya sedih. Kalau saya bisa meyakini visi saya dan menerapkannya tentunya banyak perubahan positif yang akan terjadi. Membayangkan banyaknya siswa yang akan berubah dan terbantu oleh saya dari model perubahan IA BAGJA ini membuat saya lebih bersemangat lagi untuk menerapkan perubahan berbasis kekuatan BAGJA.

C. Pembelajaran
Pembelajaran yang saya dapat ialah, jangan terlalu banyak berpikir teori dan retorika bahasa yang terpenting sikap dan perbuatan, nasihat bapak Fasilitator saya Bapak.A.Rahman. kata itu seperti cambuk buat saya Untuk membuktikan pada diri sendiri bahwa saya adalah orang yang sedikit bicara tapi banyak bekerja, lebih baik saya buktikan dengan tindak nyata daripada banyak bicara tapi tidak ada hasil.

D. Strategi yang akan saya lakukan 

Kedepannya dalam membuat perubahan yang baik dan konsisten, saya akan berusaha untuk yakin dengan kemampuan dan kekuatan diri sendiri,
Membuat perubahan secara berkelanjutan dan konsisten.

Kedepannya disamping meningkatkan kemampuan diri dan perkembangan siswa didik Saya akan berusaha menerapkan  pendekatan IA BAGJA ini, untuk merintis lahirnya komunitas kecil disekolah yang bisa mewadahi ide-ide baru dalam perkembangan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...