Sabtu, 30 Oktober 2021

JURNAL KE 10

 My Jurnal 

Jurnal Mingguan Ke 10

Oleh: Novi Puspitasari,S.Pd

PEMBELAJARAN DIFERENSIASI

1. CONNECTION yaitu koneksi atau keterkaitan antara materi modul 2.1. Pembelajaran Berdiferensiasi dengan peran saya sebagai seorang calon guru penggerak. 

a. Think and Realized : berpikir dan menyadari

Saat ini yang perlu saya lakukan ialah bagaimana saya dapat menggunakan pikiran saya untuk berpikir lebih peduli terhadap murid. Menyadari bahwa setiap murid itu beragam dengan segala karakteristiknya.  Tinggal bagaimana saya mampu memfasilitasi kemajemukan tersebut dalam proses kegiatan belajar mengajar yang lebih bermakna untuk murid.

Pembelajaran Berdiferensiasi (PB) ini sejalan dengan peran saya sebagai seorang guru, yaitu sebagai penuntun tumbuh kembangnya murisd sesuai dengan kodratnya masing-masing. Memperhatikan kekuatan dan kebutuhan murid serta memprioritaskan segala putusan pembelajaran demi memenuhi kebutuhan belajar mereka tersebut. 

Dalam proses menuntun ini seorang guru harus mampu memberikan yang terbaik untuk muridnya. Walaupun kita tahu bahwa guru bukanlah  sosok sempurna yang bisa segalanya. Tapi penekanannya disini ialah guru mau berupaya mewujudkan proses pembelajaran yang berpihak pada murid sekecil
 apapun itu. 

b. Care and study: Peduli dan belajar

Peduli disini ialah mau melihat lebih dalam lagi terhadap diri murid, kebutuhan apa yang mereka butuhkan untuk memaksimalkan kemampuan mereka, apakah murid sudah siap menerima materi yang abstrak, gaya belajar  seperti apa yang mampu membuat murid cepat menyerap pembelajaran, atau kesukaan dan minat apa yang diinginkan. Dengan informasi tersebut, diharapkan guru mampu membuat pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan kebuthan belajar murid.

Belajar, keputusan masuk akal yang bisa dilakukan guru saat ini ialah terus belajar untuk mengasah potensi diri dan belajar bagaimana cara memfasilitasi keberagaman yang ada dikelasnya. Menjadikan perbedaan yang ada pada murid sebagai awal membuat perencanaan pembelajaran yang bermakna untuk murid.

2. CHALLENGE yaitu tatangan yang saya hadapi dalam mempersiapkan Pembelajaran Berdiferensiasi 

Tantangan dalam pembelajaran berdiferensiasi ini bagi saya ialah bagaimana cara  menerapkan strategi Pembelajaran berdiferensiasi dengan tepat.
 
Bagaimana mengitegrasikan antara proses yang satu dengan proses yang lainnya.

dan pertanyaan terbesar setelah saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ini ialah apakah strategi yang saya lakukan itu sudah tepat?

3. CONCEPT, yaitu konsep pembelajaran berdiferensiasi

adapun konsep- konsepnya ialah:
1. Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah pembelajaran individual 

Fokus pembelajaran diferensiasi adalah makna belajar dan kekuatan dari setiap murid miliki

2. Pembelajaran Diferensiasi bukanlah pembelajaran semrawut atau kacau

Pembelajaran dikelas akan memberikan keefektifitasan tujuan pembelajaran murid bukan kelas tanpa perencanaan atau ketidak disiplinan.

3. Pada pembelajaran diferensiasi kelompok tidak homogen tetapi bersifat fleksibel

4. Pembelajaran diferensiasi adalah proaktif dan berdasar pada assesmen

5. Pembelajaran diferensiasi menggunakan berbagai strategi dalam konten, proses dan produk

6. Pembelajaran diferensiasi adalah model pembelajaran yang berpusat pada murid

4. CHANGE yaitu perubahan yang ingin saya lakukan setelah mempelajari materi Pembelajaran Berdiferensiasi ialah

1. Segera memetakan kebutuhan belajar murid dikelas saya berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid.
2. Melaksanakan KBM yang berdiferensiasi dikelas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...