Sabtu, 25 September 2021

JURNAL MINGGUAN 6

JURNAL MINGGUAN 6

A. Melaporkan 
Minggu ke enam tidak terasa sudah dilalui, kali ini saya belajar tentang Visi Guru Penggerak. Di Mulai dari Diri sendiri. Saya menggunggah tugas tentang Visi saya terhadap siswa didik dimasa depan. Apa yang saya cita-citakan dan perubahan seperti apa yang ingin kami raih bersama. 

Visi saya adalah bagaimana siswa didik bisa menjadi profil pelajar Pancasila, yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Bagaimana mencapai Visi tersebut?
Yang saya lakukan ialah: 
Saya terlebih dulu melakukan pemetaan kekuatan aset yang dimiliki oleh sekolah. Baik kategori aset orang, aset benda, aset komunitas dan aset lembaga. Aset-aset ini yang akan menjadi kekuatan kami CGP dalam melakukan perubahan. Kunci aset yang utama adalah CGP dan siswa itu sendiri.

Untuk mencapai Visi tersebut saya menggunakan pendekatan Inquiri Apresiatif dengan 5 tahapan BAGJA.
BAGJA adalah akronim dari :
B: Buat pertanyaan utama
A: Ambil pelajaran 
G: Gali mimpi bersama
J: Jabarkan rencana untuk mencapai gambaran yang diinginkan
A:  Atur eksekusi

B. Merespon
Dalam berdiskusi diruang Kolaborasi teman-teman CGP menyampaikan apa-apa saja aset kekuatan yang dimiliki oleh sekolah masing-masing CGP. Setelah itu Fasilitator memberikan penguatan terhadap pemaparan materi kami masing-masing.

Saya menyampaikan pemetaan kekuatan aset baik dari kategori orang yaitu CGP, siswa, Kepala Sekolah dan Teman sejawat karena saya rasa ke empat orang tersebut yang akan sangat dominan membantu pencapaian visi saya didalam kelas nanti. Untuk kategori benda, ada aset ruang kelas yang bersih, nyaman dan luas untuk proses KBM, jaringan internet untuk meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan informasi dalam mengajar, buku paket dan buku panduan lain sebagai penunjang, serta LCD, Speaker dan mik untuk alat pendukung perubahan. Untuk kategori komunitas, ada KKG (Kelompok kerja guru) sebagai wadah diskusi dan kolaboratif dalam mendukung peningkatan KBM. Untuk kategori lembaga, ada sekolah dan Dinas Dikbud Kota Bima yang akan menjadi tim pemantau dan pendukung perubahan.

Tanggapan Bapak.Fasilitator ialah:
1. Penyampaian materi saya sangat baik, penuh semangat. Letak sekolah yang strategis dipusat kota adalah kekuatan yang saya miliki untuk dapat memberikan semangat lebih kepada anak-anak dalam berkembang. Apalagi ditambah dengan CGP yang memahami nilai dan perannya sebagai guru penggerak yang mampu menggerakkan.

C. Mengaitkan
Selama ini saya hanya datang sekolah mengajar dengan benar, melakukan tugas pembinaan disekolah dengan niat mendidik dan membawa perubahan untuk siswa walau tanpa visi yang tertulis jelas. Ternyata Visi seorang guru itu penting guna menjadi arah maupun gambaran yang akan dicapai dimasa depan. Cita-cita ideal guru terhadap apa yang akan dicapai oleh siswa didiknya didalam proses KBM. Banyak dari kami yang tidak sadar akan pentingnya Visi guru, lebih -lebih visi sekolah. Dengan mengikuti Program guru penggerak ini saya semakin sadar dan lebih peduli lagi untuk mencapai perubahan seperti yang saya impikan. Tentunya dengan mulai membuat Visi yang jelas dan tertulis.

Visi saya ini akan saya terapkan dalam budaya dan pembiasaan siswa dikelas guna tercapainya profil pelajar Pancasila. 

Mencoba menerapkan Inquiri Apresiatif dalam mendorong lahirnya perubahan baru yang lebih baik dari kekuatan-kekuatan aset yang kami miliki untuk kemajuan siswa di kelas.

D. Menganalisis
Mengapa saya dan guru-guru tidak sadar akan visi sekolah lebih-lebih visi guru dalam kelas.
1. Visi sekolah jarang disosialisasikan pada awal tahun ajaran oleh pimpinan sekolah.
2.Guru hanya fokus dengan tugas utamanya mengajar bukan pada menejerial dan pengembangan sekolah.
3. Tidak aktifnya guru dalam forum diskusi sekolah.
4. Guru hanya fokus pada Visi sekolah tanpa melihat kekuatan aset kelasnya masing-masing.

E. Merancang Ulang.

Calon Guru Penggerak dapat memaksimalkan peran dan nilainya didalam merancang ulang program sekolah. Memberikan masukan penting atau ide baru untuk pengembangan dan menejerial sekolah termaksud dalam hubungannya dengan Visi sekolah.

Rencana yang bisa dilakukan seperti:
1. Merancang Ulang visi yang sesuai dengan keadaan dan era zaman.
2. Merancang program sekolah yang mampu mewujudkan visi sekolah
3. Mensosialisasikan visi sekolah kepada seluruh warga sekolah. Baik RKT sekolah, apel pagi sekolah dll.
4. Membuat Visi kelas dan menganjurkan guru-guru untuk membuat visi kelas masing-masing.
5. Melibatkan siswa dalam pembuatan Visi kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...