Minggu, 20 Agustus 2023

PENGIMBASAN IKM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 1

LOKAKARYA PENGIMBASAN SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 1

" MODEL KOMPETENSI KEPEMIMPINAN SEKOLAH"

KAMIS, 22 SEPTEMBER 2022 SMPN 6 KOTA BIMA BERSAMA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BIMA.




        (Jadwal agenda kegiatan)

Narasumber Kegiatan : Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 Kota Bima
1. Kepala SDN 5 Rabangodu Utara (Suhardin, S.Pd.M.Si)
2. Kepala SDN 28 Melayu Kota Bima (Nurfatuh, S.Pd.SD)
3. Kepala SDIT Insan Kamil Kota Bima (Erni Juhaenah, SP)
4. Kepala SMP 9 Kota Bima (Natsir )

Kegiatan Dibuka tepat jam 08.00 wita oleh Bapak. 
Sambutan Dinas Dikbud Kota Bima diwakilkan oleh Kabid Dikdas Bapak. Humaidin, M.Pd


Apa yang terlintas dalam pikiran kita saat mendengar ungkapan Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah?

A. Apa itu Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah?

Suprijono(2009:45) berpendapat bahwa “model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu. 


Model kompetensi adalah suatu rangkaian kompetensi yang penting bagi kinerja yang superior dari sebuah pekerjaan atau sekelompok pekerjaan.

Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah adalah representasi dari kompetensi kepemimpinan pendidikan yang terintegrasi.

Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru ditetapkan dengan Peraturan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud No. 6565 tahun 2020

Perdirjen GTK No. 6565 Tahun 2020

Istilah yang muncul di Perdirjen No.6565 Tahun 2020:

  1. Model Kompetensi adalah representasi dari kompetensi guru dan kompetensi kepemimpinan pendidikan menjadi kompetensi yang terintegrasi.
  2. Pengembangan Profesi adalah kegiatan pengembangan kompetensi Guru yang harus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan secara bertahap dan berkelanjutan.
  3. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  4. Model Kompetensi Guru adalah representasi dari kompetensi guru yang terintegrasi.
  5. Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah adalah representasi dari kompetensi kepemimpinan pendidikan yang terintegrasi.

B. Mengapa perlu ada Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah?

a. Sebagai dasar dari sistem pengelolaan sekolah 
b. sebagai acuan bagi sejumlah strategi transformasi pendidikan

C. Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah (Kompetensi Kepala Sekolah)

Model kompetensi kepemimpinan sekolah meliputi kategori (pasal 5 ayat 3):

  1. Pengembangan diri dan orang lain dengan kompetensi sebagai berikut:
    1. Menunjukkan praktik pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi 
    2. Mengenali potensi diri dalam kepemimpinan pendidikan. 2.  
    3. Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
    4. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk mengembangkan karier; dan
    5. Menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik.
  2. Kepemimpinan pembelajaran dengan kompetensi sebagai berikut:
    1. Memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid;
    2. Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid. 
    3. Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid; dan
    4. Melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.
  3. kepemimpinan manajemen sekolah dengan kompetensi sebagai berikut:
    1. Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid; dan
    2. Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.
  4. Kepemimpinan pengembangan sekolah dengan kompetensi sebagai berikut:
    1. Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan; dan
    2. Melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah.

D. INDIKATOR TIAP MODEL KOMPETENSI KEPEMIMPINAN

Model 1 ; Pengembangan Diri dan Orang Lain

Kompetensi 1
"Menunjukkan praktik pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi"
Indikator:
1. Mengenali potensi diri dalam kepemimpinan pendidikan
2. Mengambil inisiatif, menetapkan tujuan, dan merencanakan pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan kepemimpinan pendidikan yang dihadapi
3. Melakukan pengembangan diri sesuai dengan yang direncanakan
4. Melakukan refleksi terhadap hasil pengembangan diri untuk perbaikan.

Kompetensi 2
" Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran"
Indikator:
1. Memetakan kebutuhan belajar warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Melakukan pendampingan kepada guru untuk melakukan pengembangan diri
3. Melakukan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
4. Mendorong warga sekolah menguasai kompetensi yang dibutughkan
5. Memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melakukan pengembangan kompetensi diluar sekolah









 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...