Sabtu, 23 Oktober 2021

JURNAL MINGGUAN KE 9

Jurnal Mingguan ke 9       

Sabtu, 23-10- 2021

Penerapan Aksi Nyata Modul

1.  FACT = Peristiwa

Penerapan budaya positif disekolah pada minggu ini saya tengah melakukan aksi nyata disekolah. Jujur, banyak sekali hal baik yang saya alamu. Pikiran saya jadi lebih fokus dan hati saya menjadi lebih peka dengan keadaan murid. Ada beberapa kejadian yang membuat saya tersentuh dan terenyuh secara bersamaan. Lalu saya mencoba merefleksikan aka napa yang tengaf terjadi sekarang dan mengaitkan denga napa yang saya lakukan dulu. Ternyata, saya banyak melewatkan kesempatan untuk mendidik murid dengan cara terbaik dan lebih fokus kepada hasil da perubahan. Budaya positif secara sadar merubah paradigma saya mebjadi lebih positif baik dalam bersikap, bertutur dan bertindak. Dulu saya begitu mengontrol murid dan memastikan mereka harus serba tertib dan patuh dengan cara dan pemikiran yang saya anggap benar, tapi ternyata itu keliru. Murid mempunyai kemampuan sendiri mengontrol diri mereka sendiri, menjadi hebat dan baik berdasarkan keinginan mereka sendiri.

2.  FEELINGS = Perasaan

Terus terang saya merasa tersentuh dengan apa yang terjadi dalam satu minggu ini. Perasaan seorang anak ternyata sebenarnya sangat halus dan sensitive. Murid membutuhkan perhatian untuk bertahan hidup, kasih sayang, pengakuan, kebebasan dan kesenangan. Semua hal yang mereka butuhkan ada dalam orang-orang terdekat, tapi jika itu tidak terpenuhi maka murid akan mencarinya dari orang lain. Hal ini sangat kompleks sekali, menurut saya untuk pemenuhan kebutuhan dasar anak haruslah dimulai dari rumah sedangkan sekolah hanya sebagai pendukung saja. Sekolah sebagai pendukung dan  pengarah agar anak menjadi mandiri dan mampu menghadapi tantangan dalam hidupnya dikemudian hari sebagai kontroler.

3.  FINDING = Pelajaran

Pelajaran yang saya dapatkan dalam proses ini ialah saya harus banyak belajar dan membuka diri akan hal-hal yang bisa membuat saya menjadi lebih baik lagi sebagai guru. Mampu berpikir kritis dan praktis, kritis melihat permasalahan bukan hanya dalam satu sudut pandangkarna setiap hal terjadi pasti punya alasannya sendiri, tidak langsung menilai orang begitu saja. Praktis yaitu melihat seorang murid sebagai sosok sederhana, polos dan apa adanya, mereka butuh kasih sayang langsung bukan hanya sekedar teori dan omongan belaka.

4.  FUTURE = Penerapan

Saya sangat yakin akan tetap menerapkan budaya positif ini dimana pun saya menjadi pemimpin, dimasa depan saya akan memperjuangkan hal-hal terbaik untuk generasi bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masukannya

Waktu

Waktu berlalu Tinggalkan pedih perih Bila ingat kenangan lalu Tak menentu kemana hati melangkah  Tak terasa banyak hal yang sudah kulalui  B...